AC mati sendiri di sebabkan beberapa hal. Komponen elektronik AC berfungsi untuk mengatur kerja unit indoor yang meliputi pengaturan suhu, pengaturan on-off, pengaturan aliran udara, pengaturan waktu (timer) dan pengaturan otomatis lainnya.

Selain AC mati sendiri ada juga penyebab yang lain yaitu AC tidak dingin, dan itu kemunculan AC harus di service kembali dan jika Anda ahli dalam memperbaiki AC tersebut tidak susah payah untuk menyervicenya.

Pengaturan yang berkaitan dengan AC mati sendiri ada pada komponen berikut ini :

  1. Termistor (mata kucing)

Termistor adalah sensor yang mengatur suhu ruangan. Bila suhu dalam ruangan sudah mencapai secara maksimal maka thermistor akan mengatur supaya kompresor berhenti bekerja. Dan secara otomatis unit outdoor akan diperintahkan off oleh system tersebut.

Kerusakan pada thermistor biasanya ditandai dengan adanya AC tidak bisa diremote dan AC mati sendiri dengan tiba tiba.  Jadi bila AC mati tiba tiba maka termistor tersebut tidak berfungsi dengan baik

Kasus lainnya bila setelah cuci AC tidak bisa dinyalakan dengan remote maka bisa juga termistornya terkena air. Hal ini biasanya diatasi oleh teknisi AC yang menggunakan cara membersihkan atau “sedikit memanaskan” thermistor tersebut.

  1. Modul elektronik

Voltage atau tegangan listrik yang tidak sesuai dengan voltage yang dinginkan oleh unit AC untuk bekerja bisa menyebabkan modul elektronik error.

Apa bila terjadi kerusakan pada modul elektronik sebaiknya ganti modul tersebut sesuai dengan spesifikasi AC tersebut atau memilih lainnya agar bisa menggunakan “modul universal” plus remotenya. Kerusakan modul dapat juga terjadi karena karena ada jalur yang korsleting. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara memperbaiki jalur di PCB yang rusak.

  1. Switch

Switch atau tombol on-off fungsinya sebagai saklar untuk menyalakan dan juga mematikan unit AC. Jika kerusakan terjadi pada switch maka disolder. Namun jika masih belum bisa nyala maka ganti switch dengan yang baru.

  1. Timer

Timer berfungsi untuk mengatur kapan AC harus menyala dan kapan akan AC mati. Kerusakan yang sering terjadi pada umumnya di karena setting timer masih aktif. Atur kembali (setting) dengan menggunakan remote control supaya timer nya dalam kondisi mati.

Permasalahan Kompresor yang Menyebabkan AC Mati Sendiri

ac maati sendiri

Permasalahan yang lebih besar lagi adalah jika pada saat dinyalakan AC nya dalam waktu kurang dari 10 menit AC tiba tiba mati sendiri. Dinyalakan lagi. Lalu mati lagi. AC hanya bekerja (menyala) dalam waktu singkat.

Hal ini dikarenakan kerja kompresor sudah tidak maksimal kemudian konsumsi daya listrik menjadi lebih tinggi. Biasanya hasil pengukuran dengan tang ampere menunjukkan Arus yang tinggi. Dan kadang kadang disertai listrik turun.

Cara mengatasi AC jika mati tiba – tiba dalam waktu kurang dari 10 menit adalah melakukan perbaikan pada kompresor. Tapi jika AC mati total maka perlu analisa lebih lanjut dengan mengenai kompresornya dan modul elektroniknya. Jadi ketika AC mati secara tiba tiba maka solusi yang termudah adalah cek timer, kemudian cek saklar on-off.

Cara Mengatasi AC Rumah yang Sering Mati Sendiri

Cara mengatasi masalah ini adalah cek kelistrikan di rumah Anda, kami sangat menyarankan hal ini dilakukan oleh orang profesional atau bisa hubungi pihak PLN. Jika Anda sudah berpengalaman Anda bisa mengecek listik dengan cara :

  • Untuk mengukur voltase listrik Anda bisa menggunakan alat ukur multitester.
  • Perhatikan juga pada saat Anda akan menghidupkan AC, cek dahulu lampu indikator yang menyala, apakah dalam keadaan berkedip atau tidak. Jika berkedip sudah hampir dipastikan Anda kekurangan voltase listrik.

Cara Memperbaiki Meteran Listrik turun ketika AC di hidupkan

Ketika Anda menghidupkan AC dan menyebabkan MCT listrik turun (banting) maka ini bisa disebabkan oleh daya pada rumahAnda. Untuk memastikan masalahnya Anda bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini :

  •  Matikan semua perangkat elektronik yang Ada di rumah Anda
  • Jika sudah nyalakan AC terlebih dahulu
  • Jika AC bisa menyala,tanpa ada perangkat elektronik lainnya yang menyala, kemungkinan bisa dipastikan daya listrik pada rumah Anda kurang . Lakukan penambahan daya untuk mengatasi masalah ini.

Saat AC Hidup Sekitar 60 Menit Listrik Turun

Masalah ini merupakan indikasi dari kerusakan pada kompresor yang ada di AC Anda. Saran saya panggil tenaga profesional untuk mengatasi masalah ini.

Saat AC Menyala Sebentar Kemudian Listrik Turun

Bandingkan daya listrik dengan jumlah Watt AC yang di gunakan oleh Anda, pastikan daya listrik dirumah Anda minimal sebesar 1,5 kali daya AC.

Contoh kasus: Jika AC Anda 900 watt, daya listik tersebut yang diperlukan minimal adalah 1350 watt. Jika Daya listrik yang tersedia sama dengan daya listrik PLN yang terpasang , jangan lupa untuk menghitung pemakaian listrik pada peralatan rumah lainnya.Jika Anda sudah memastikan listrik kurang mencukupi, kami sarankan menambah daya listrik di rumah Anda.

Cara Mengatasi AC yang Menyala Sendiri

Jika AC menyala dengan sendirinya di jam jam tertentu dan hal ini terjadi secara berulang . Hal ini di sebabkan oleh pengaturan TIMER ON dalam keadaan aktif. Untuk menonaktifkan fungsi Timer On, tekan tombol TIMER ON yang ada pada remote AC, sampai tulisan ON hilang di layar remote tersebut.

Pada beberapa merk AC sudah mempunyai fitur memori yang dapat menyimpan pengaturan TIMER ON atau TIMER OFF, meski AC sudah dimatikan dari sumber listrik tersebut.

Mengatasi masalah ketika AC dihidupkan outdoor menyala tapi indoor mati dan juga sebaliknya.Masalah  tersebut disebabkan terjadinya masalah di switch power AC. Panggil teknisi AC untuk mengatasi masalah ini.

Suhu pada Ruangan Sudah Dingin Tapi Kenapa Kipas pada Kompresor Tidak Berhenti?

Untuk memastikan masalah yang ada, coba naik kan suhu ke 28 derajat di remote AC Anda. Setelah itu  cek kembali kipas. Jika kipas berhenti, itu  menandakan kondisi AC normal.

AC Portable Tidak Bisa Menyala

AC portable mempunyai tangki  sabagai penampungan air. Jika tangki air sudah terisi penuh, maka sensor secara otomatis bisa menghentikan kerja AC Portable. Cara mengatasi hal ini cukup Kuras air yang terdapat di tangki penampungan agar AC portable Anda bisa menyala kembali.

Penyebab AC Mengeluarkan Bau

Bau yang tidak sedap yang terdapat pada AC bisa disebabkan dari posisi unit kompresor  dan saluran pembuangan air yang menghadap ke parit/got dan tempat pembuangan limbah lainnya.

Untuk mengatasi masalah bau ini : Coba Pindahkan unit kompresor ke tempat yang tidak menghadap pada sumber bau seperi parit, tempat pembuangan, got & dll

AC mengeluarkan Bau tidak enak saat hidup pertama.

Bau ini bisa disebabkan karena perabotan rumah tangga Anda dan menempel di Unit AC Anda.

Kenapa Muncul Tetesan Air pada AC?

Penyebabnya adalah unit AC Anda sudah kotor. Cara mengatasi nya adalah mencuci AC Anda. Silahkan hubungi tukang service AC langganan Anda.

Keluar Oli pada unit kompresor AC

Kemungkinan evaporator pada perangkat AC Outdoor sedang bermasalah. Silahkan hubungi tukang service AC langganan Anda.

Penyebab dan Cara Memperbaiki AC Mati Sendiri yang Terdapat Di Dalam Mobil

Punya mobil itu tidak seenak yang dibayangkan. Sebagai owner, Anda perlu memperhatikan performa mesin dan komponen yang lainnya supaya mobil tetap bertenaga saat dibawa bepergian. Namun, kerusakan pada komponen mobil tidak dapat dihindari.

Selain mesin, bagian ac mobil juga sering sekali mengalami masalah. Tidak bagusnya kinerja ac mobil menyebabkan suhu udara di dalam kabin terasa begitu panas, apalagi bila cuaca terik.

Dan pada dasarnya, setiap kerusakan yang terjadi pada ac mobil mempunyai cara penanganan masing-masing. Berikut ini adalah cara menangani ac mobil yang mati dan tidak bisa berputar.

Apa yang Menyebabkan AC Mati Sendiri pada Mobil?

Ac mobil mati memang tidak menyanangkan sekali, apalagi kalau berada di tengah jalan. Namun, kerusakan ini tidak dapat dihindari karena semua pemiliki mobil juga pernah merasakan hal yang sama. Adapun bentuk-bentuk kerusakan yang terjadi, seperti:

  • AC mobil tidak bisa dinyalakan
  • AC mobil mati total
  • Kondisi AC yang mati secara tiba-tiba, dan
  • AC mobil hidup mati hidup mati

Lalu, apa yang menyebabkan kerusakan tersebut?

1. Sekring Ac Putus

Salah satu penyebab ac mati yaitu sekringnya putus. Hal ini bisa menyebabkan tidak adanya mesin mobil dengan ac. Sehingga ac tidak mendapatkan tenaga untuk mengaktifkan putaran ac.

Putusnya sekring biasanya terjadi karena korslet. Nah, supaya ac dapat difungsikan kembali, kamu harus mengganti bagian sekringnya.

2. Relay Ac Putus

Relay ac yang fungsinya sebagai pemompa arus listrik pada bagian magnetic clutch. Saat relay ini putus, tentunya tidak ada lagi yang bekerja untuk penyuplai arus listrik. Putusnya relay ac juga bisa menyebabkan ac mati dan tidak bisa nyala kembali.

3. V Belt Putus

V belt yang fungsinya sebagai penghubung antara kompresor dan pada bagian putaran mesin. Apabila V belt ini putus, tentunya ac mobil tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Alhasil, suhu di dalam kabin akan terasa panas.

4. Motor Cooling Fan Tidak Bekerja

Seperti yang kita tahu, cooling fan berfungsi untuk pembuang panas yg di hasilkan oleh kondensor. Saat cooling fan tidak bekerja, suhu yang ada pada kabin otomatis akan berubah dari dingin menjadi kurang dingin bahkan terasa panas. Selain itu, ac mobil juga bisa mengalami overheating dan kerusakan yang ditimbulkan semakin begitu parah.

5. Kompresor Ac Macet Total

Kompresor ac juga menjadi komponen penting dalam ac. Melambatnya kinerja kompresor biasanya disebabkan oleh kompresor kehabisan oli, bisa juga kurang nya perawatan ac seperti mengganti filter.

6. Magnetic Clutch Putus

Magnetic clutch berfungsi sebagai komponen untuk menerima arus listrik. Ketika magnetic clutchnya putus, otomatis ac akan mati dan tidak akan nyala kembali. Kerusakan pada bagian magnetic clutch biasanya di karenakan oleh korslet.

7. Kompresor Mati

Kompresor memiliki peran yang sangat penting. Saat kompresor rusak atau mati, tentunya tidak ada lagi yang mengisap uap yang terdapat pada refrigerator evaporator. Selain itu, kompresor juga berfungsi sebagai penyalur udara dingin ke bagian kabin mobil tersebut.

8. Oli Menipis atau Habis

Oli mobil habis tentu bisa membuat kinerja dari mesin mobil bisa tidak baik lagi. Hal ini di karenakan oleh ketidaktelitian si pemilik mobil saat mengisi oli. Bisa juga di karenakan dengan adanya kebocoran pada bagian ac, dan ac mobil yang diisi cepat habis.

9. Resistor Blower Mengalami Kerusakan

Pada beberapa jenis mobil, kerusakan yang ada pada bagian resistor blower bisa membuat mobil tersebut mati total. Misalnya, mobil Honda CR-V. Jika hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa pada bagian sambungan resistor blower apakah putus atau korslet.

10. Freon Menipis atau Habis

Freon itu pada dasarnya tidak akan berkurang atau habis jika tidak ada kebocoran, karena cara kerja freon itu hanya bersirkulasi.

11. Evaporator Kotor

Evaporator berfungsi sebagai penyaring udara yang berhembus. Ketika eveporator kotor, maka eveporator tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Karena udara yang akan dihembuskan ke bagian kabin tertahan oleh debu dan kotoran.

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Berputar?

Selain ac yang mati dan tidak bisa nyala lagi, ac yang tidak berputar juga perlu di waspadai. Jika dibiarkan terus-menerus, maka kamu harus siap menahan rasa panas selama mengendarai mobil. Adapun tanda-tanda ac mobil tidak berputar, antara lain:

  • Hembusan angin dari ac tidak kencang
  • Udara di dalam kabin tidak dingin
  • Pemutaran ac ke suhu tertinggi tidak menghasilkan efek apapun

Adapun tanda-tanda kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh:

1. Kondisi Freon yang Tidak Sehat

Ada banyak tanda-tanda yang bisa membuat freon tidak bisa bekerja dengan baik lagi, seperti freon membeku, tersumbat, oli freon menipis atau juga habis. Padahal freon ini sendiri berfungsi untuk memberikan udara dingin ke bagian kabin.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi freon, antara lain:

  • Mengecek dimana letak kebocoran pada pada sistem ac
  • Melakukan isi ulang oli yang terdapat pada freon didalam sistem ac mobil
  • Mengganti freon lama dengan freon yang baru

2. Kompresor Kehilangan Tekanan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kompresor yang fungsinya sebagai penyalur udara dingin ke bagian evaporator. Sehingga evaporator dapat menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Ketika kompresor kehilangan tekanan atau tidak bisa bekerja, otomatis suhu udara yang ada di dalam kabin akan terasa panas.

3. Sekring Mobil Putus

Sekring yang fungsinya sebagai pemberi aliran listrik pada bagian mesin mobil. Putusnya sekring bisa menyebabkan aliran arus listrik juga ikut terputus. Alhasil kipas ac tidak bisa  berputar dan suhu udara tidak dingin lagi. Putusnya sekring biasanya disebabkan karena overheating atau korslet.

4. Relay Rusak

Relay mobil yang fungsinya sebagai penetralisir tegangan tinggi, sehingga tegangan akan kembali ke situasi normal. Saat relay ac putus, bisa menyebabkan bagian sekring atau bagian lainnya mengalami panas yang berlebih. Selain itu, komponen mesin juga mengalami overheating yang bisa menyebabkan kipas ac tidak berputar lagi.

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mati Sendiri dan Tidak Berputar?

Kalau ac mobil mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas, maka Anda harus cepat bertindak. Bawalah mobilmu ke bengkel, agar bagian yang rusak tersebut dapat secepatnya diganti dengan yang baru.

Jika Anda tahu tentang bidang otomotif, Anda juga bisa memperbaikinya sendiri di rumah. Yang paling penting, kamu memiliki semua perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama proses perbaikan.

AC Mati Sendiri Lampu Timer Kedip – Kedip

1.Kerusakan Termis ( Sensor Suhu )

Termistor berfungsi mengatur kerja kompresor berdasarkan suhu ruangan. Jika suhu ringan sudah mencapai dingin maka termis akan mematikan kerja kompresor tersebut. Jika termis rusak maka lampu timer nya berkedip kedip. Solusi nya ganti termis.

2.Tekanan Freon Berkurang

Pada beberapa merk ac, bila tekanan dalam sistem berkurang maka secara otomatis ac tidak bisa bekerja. Hal ini ditunjukkan dengan adanya indikator kedip kedipnya lampu timer. Maka pastikan termis tidak bermasalah maka kemungkinan berikutnya adalah tekanan freon berkurang di bawah standar.

Lakukan pengecekan tekanan dengan manifold. Dan perbaiki dahulu kebocoran freon supaya tidak terjadi lagi freon ac bocor.

3.Kompresor AC Bermasalah

Permasalahan kompresor ini khususnya pada komponen komponen elektronik kompresor yang meliputi kapasitor running, Overload maupun kabel kabel penghubung yang mungkin terputus.
Hal ini secara khusus dibahas pada kerusakan komponen komponen kompresor.

4.Kerusakan Mikroprosesor

Walaupun hal ini jarang terjadi namun tetap ada kemungkinan adanya kerusakan pada mikroprosesor akibat terjadinya korsleting listrik yang sering terjadi ataupun karena fluktuasi tegangan listrik PLN yang tidak stabil di tegangan 220 volt.

Lampu timer ac berkedip bervariasi dalam setiap ac. Ada yang saat dinyalakan langsung berkedip kedip dan ada yang setelah beberapa menit ac dinyalakan baru mulai berkedip kedip.

Jika lampu indikator berkedip kedip setelah beberapa saat ac dinyalakan maka bisa jadi freon ac bocor atau komponen elektronik pada kompresor ada yang rusak.

 

× Whatsapp Kami!